• telepon
  • Telp : 0852.3161.2096
  • telepon
  • SMS : 0852.3161.2096
  • sms
  • WA : 0852.3161.2096
  • bbm
  • PIN BB: -

Buku Syaikh Mutamakkin Toko Buku Aswaja surabaya

Buku Syaikh Mutamakkin Toko Buku Aswaja Surabaya

Buku Syaikh Mutamakkin Toko Buku Aswaja surabaya
 
Judul : Syekh Mutamakkin
(Perlawanan Kultural Agama Rakyat)
Cover : Soft Cover
Jenis Kertas : Book Paper
Penulis : Zainul Milal Bizawie
Tebal : xxxvi + 324 Halaman
Ukuran : 16 x 24 cm
Harga : Rp. 110.000,-
Order : 0852.3161.2096

Buku Syekh Mutamakkin Toko Buku Aswaja surabaya

Mayoritas umat Islam di Indonesia mungkin kurang mengenal nama Syekh Mutamakkin. Namun demikian, khususnya di wilayah pesisir utara Jawa Tengah, nama tokoh yang hidup di tahun 1645-1740 ini begitu lekat dengan kehidupan masyarakat. Tidak banyak dokumen sejarah yang menceritakan Syekh Mutamakkin, hanya Serat Cebolek satu-satunya sumber. Namanya tidak disebut dalam sumber-sumber lain yang ditulis pada abad ke-18, tidak juga sumber VOC. Sehingga harus bersandar sepenuhnya pada Serat Cebolek dan sejarah lokal seperti yang dituturkan masyarakat setempat.

Ajaran Syekh Mutamakkin menjadi tema sentral dalam Serat Cebolek. Dalam Serat Cebolek disebutkan, Syekh Mutamakkin seorang ulama kampung yang berseteru dengan Katib Anom ulama birokrat Keraton. Ia dianggap telah mengajarkan ilmu hakikat (tasawuf) kepada masyarakat setempat, ajaran yang dianggap sesat oleh para ulama. Ajaran Syekh Mutamakkin ini kemudian dilaporkan pada pihak Kerajaan Kartasura. Pengadilan pun dilakukan atas diri Mutamakkin yang dituduh sebagai penyebar paham sesat dan bertentangan dengan keraton.

Peran Syekh Mutamakkin yang melawan kekuasaan keraton dalam mempertahankan ajarannya sebagaimana disebutkan dalam Serat Cebolek, justru bertolak belakang dengan Teks Kajen. Dalam teks Kajen Syekh Mutamakkin digambarkan sebagai seorang pahlawan yang berani menentang pandangan keraton. Bahkan, dalam teks ini Syekh Mutamakkin dipandang sebagai pihak yang benar.

Meskipun demikian, masyarakat kajen tetap meyakini akan otentitas dan keterjagaan penuturan para pendahulunya. Sampai sekarang, mereka meyakini seorang Ahmad Mutamakkin sebagai ulama besar bahkan waliyullah. Buku ini akan mengajak anda menyingkap tabir gelap yang selama ini melingkupi sosok sang ulama legendaris ini.


Dapatkan Buku Syaikh Mutamakkin di Toko Buku Aswaja Surabaya.
Silahkan hubungi kontak Toko Buku Aswaja di 0852.3161.2096 (Tlp.sms.wa)

Jangan lupa pula juga kunjungi Buku Benturan NU-PKI di Toko Buku Aswaja Surabaya, Buku Benturan NU PKI seperti di bawah ini

Buku Syaikh Mutamakkin Toko Buku Aswaja surabaya

Buku Syaikh Mutamakkin Toko Buku Aswaja surabaya

Produk terkait:

Share dengan teman:
 
Created @ 2011 - Toko Buku Aswaja Surabaya
Siwalankerto Tengah, Surabaya
Template by : Creating Website
Modified by Daud Zakaria